Keluarga Semut, Makhluk kecil yang sangat menginspirasi

"Ihh.. Ibuk semutnya nakal. Gara-gara dia badantu bentol-bentol semua. Sakittt bukkk.." Teriak salah seorang anak yang kesakitan karena didigit semut.

Semut. Semut memang makhluk yang sangat kecil, suka menggigit dan sukanya berada di tempat-tempat yang berbau dan berasa manis. Namun tak disangka, Dari makhluk yang sekecil semut, Kita bisa mengambil beraneka macam pem
belajaran. Allah SWT sendiri juga menyebutkan dalam Qur'an Surat An-Naml/27 ayat 18-19, Dibuka sendiri yaaa ^_^
Nah, ini nih pelajaran yang dapat kita ambil dari sisemut :
  • Memiliki solidaritas dan ukhuwah yang tinggi diantara sesamanya.Semut memang binatang yang hidup berkelompok. Dia membangun rumah bersama, mencari makan bersama, tinggal bersama dan juga merawat rumah mereka bersama sama. Itulah pelajaran pertama yang dapat kita ambil, Kebersamaan. Suatu pekerjaan yang berat sekalipun, akan mudah kita lakukan jika ada kebersamaan. Diantara bentuk solidaritas da ukhuwahnya yaitu : Ketika mereka bertemu, mereka akan saling menempelkan kepalanya, seolah mereka sedang bersalaman. Bahkan, ketika ada dua semut yang tidak bersalaman, maka salah satu dari mereka akan berbalik badan dan akan bersalaman. Itulah, Sebagai seorang muslim, hendaknya kita saling memberi salam satu sama lain. Ketika saudara kita tidak mau memberi salam dahulu, maka dengan 'legowo' saja kita yang memberi salam duluan, Enak kan? Truss.. Jika ada musuk yang mencoba mengusik mereka, mereka akan dengan sekuat tenaga melawannya. Mereka tidak sendiri, melainkan bersama-sama.
  • Saling tolong menolong dan tidak individualis. Lihat saja saat mereka menemukan makanan. Mereka tak pernah memekannya sendiri, namun selalu berbagi dengan kawan-kawannya. Mereka akan mengangkat makanan itu ke sarangnya kemudian dimakan bersama-sama dengan kawannya. Bahkan, ketika makanan yang didapat terlalu besar, mereka akan berbagi tugas dalam mengangkatnya ke sarang. Baru nanti mereka akan memekannya saat sudah sampai di sarangnya. Sperti gambar ini nihh
  • Memiliki struktur organisasi dan pembagian kerja yang jelas. Dalam sekelompok semut, biasanya ada ratu sebagai pemimpinnya dan yang bertelur, Ada prajurit yang menjaga keamanan rumahnya dan menjaga dari gangguan musuh, Ada semut pekerja yang tugasnya mencari makan dan semut-semut lain bertugas menjaga telur-telur dan bayi semut. Merekapun percaya 100% kepada saudaranya. Dia percaya sama temennya untuk melakukan tugas itu. Dia sendiripun juga berusaha maksimal untuk menjalankan tugasnya.
  • Setiap anggotanya punya ketaatan yang kuat terhadap pemimpin. Ketika pemimpin tidak mengarahkan kita pada hal yang salah, maka hendaknya kita mengikutinya. Seperti halnya semut, Karena dia mau ikut pemimpin, AKhirnya semua yang berada pada kerajaan semut itu bisa berjalan dengan lancar semuanyaa.
  • Pantang menyerah untuk mencapai suatu tujuan.Contohnya, kala anda sedang bermain dengan semut. Biasanya suka menghalang halangi jalan semut kan? Nah, tapi semut tidak pernah menyerah untuk mencari jalan keluar dari halangan anda hingga pada akhirnya semut dapat keluar darinya. Nahh.. Begitulah, jika kita ingin berhasil, jangan sampai menyerah untuk mencoba dan jangan mencoba untuk menyerah. Bangkitlah dan terus berjuang sepertihalnya semut, Yakinlah Allah akan memberi jalan keluar untuk kitaa :)

Sekiannn.. Aku dapet ilmu ini kemarin, Saat FKAMI.. With kakakku, Aku biasa memanggilnya Mbak Dian. Bersama beberapa temanku, Diatas karpet berwarna hijau, Aku duduk disana. Juga dengan suasana yang sangat panass.. Semoga ilmuku ini bermanfaat yaa.. Terima kasih sudah membaca. ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH DISTRIBUSI BINOMIAL NEGATIF DAN GEOMERIK

www.abah.co.id : Senjata Tajam untuk Menebas Hambatan dalam Marketing Online