RPP Ibu Elvara Norma A, S.Pd Hahaha
RPP ini mengantarkanku jadi juara favorit di IMM Microteaching niihh.. Silakan yang mau copas :D
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs N Sumberlawang
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : VIII / I
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit ( 1 x
pertemuan )
Standar Kompetensi 1
Memahami berbagai
sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi
Dasar 1.4
Mendiskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan.
A. Tujuan Pembelajaran
Tujuan
pembelajaran pada Kompetensi Dasar 1.4 ini yaitu sebagai berikut :
1. Siswa
dapat menjelaskan berbagai zat yang terkandung dalam makanan beserta fungsinya
bagi tubuh manusia.
2. Siswa
dapat menjelaskan organ – organ pencernaan beserta proses yang terjadi dalam
organ tersebut.
3. Siswa
dapat menyebutkan serta menjelaskan kelaian – kelainan (penyakit) yang
menyerang sistem percernaan.
Namun
dalam pembelajaran ini, hanya akan disampaikan Tujuan Pembelajaran yang ke-2,
yaitu Siswa dapat menjelaskan organ – organ pencernaan beserta proses yang
terjadi dalam organ tersebut.
Serta
karakter siswa yang diharapkan dalam
pembelajaran ini diantaranya ialah sebagai berikut :
a. Aktif
(Active)
b. Disiplin
(Descipline)
c. Bertanggung
Jawab (Responsibility)
d. Teliti (Cearfulness)
e. Rasa hormat dan perhatian (Respect)
f. Tekun (Diligence)
B. Materi Pembelajaran
Pembelajaran yang akan
dilaksanakan yaitu tentang sistem pencernaan, khususnya tentang urutan proses
pencernaan. Secara garis besar, proses tersebut terjadi dalam organ – organ
pencernaan yaitu sebagai berikut :
C. Metode Pembelajaran
Metode
pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran tentang proses pencernaan ini
yaitu sebagai berikut :
·
Metode Ceramah
·
Metode Tanya Jawab
·
Metode Demonstrasi
D. Langkah – langkah pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
Aktivitas
|
|
Guru
|
Siswa
|
Memberi
salam dan menggebrak kelas dengan jargon penyemangat.
|
Menjawab
salam dan mengucapakan jargon dengan semangat.
|
Membahas
topik yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat yang berkaitan dengan
masalah pencernaan.
|
Mendengarkan
cerita guru dengan seksama serta memberikan tanggapan berupa pertanyaan,
sanggahan maupun persetujuan.
|
Memberikan
motivasi untuk selalu semangat dalam belajar.
|
Mendengarkan
dan menghayati kata – kata penyemangat yang diberikan guru, kemudian menata
hati agar lebih bersemangat.
|
2. Kegiatan
Inti
Aktivitas
|
|
Guru
|
Siswa
|
Menyempaikan
materi yang berkaitan dengan “Urutan proses pencernaan dalam tubuh manusia”
yang ditampilkan dengan LCD Proyektor. Materi yang ditampilkan berbentuk
power point dan video – video.
|
Memperhatikan
dan mencermati penjelasan dari guru sambil mencatat hal – hal penting yang
sekiranya perlu untuk dicatat. Tak lupa juga untuk mencatat hal – hal yang
belum dipahami untuk kemudian ditanyakan.
|
Memanggil
salah satu siswa untuk menjelaskan kembali proses pencernaan dengan media
patung tubuh manusia sebagai alat.
|
Salah
satu siswa ke depan kelas untuk mengulangi penjelasan tentang sistem
pencernaan dengan mengunakan media patung tubuh manusia.
|
Memberikan
pertanyaan/kuis berupa pertanyaan isian singkat secara mendadak pada saat
pembelajaran berlangsung. Siswa yang bisa menjawab mendapat tambahan nilai.
|
Siswa
yang dapat menjawab pertanyaan mengangkat tangannya kemudian menjawab
pertanyaan.
|
Menawarkan
kepada siswa untuk menanyakan hal – hal yang belum dipahami.
|
Menanyakan
hal – hal yang belum dipahami.
|
Menyimpulkan
pembelajaran yang telah dilakukan dengan singkat, jelas dan mudah dipahami.
|
Mendengarkan
serta memahami kesimpulan dari guru.
|
3. Kegiatan
Akhir
Aktivitas
|
|
Guru
|
Siswa
|
Memberikan
tugas untuk mempelajari kembali apa yang telah disampaikan.
|
Mendengarkan
perintah dari guru dan berusaha untuk melaksanakannya.
(Bila
perlu tugas dicatat dalam buku agar tidak lupa)
|
Membacakan
materi yang akan disampaikan pada pertemuan berikutnya serta memberi tugas
kepada siswa untuk mempelajarinya terlebih dahulu.
|
Mencatat
materi – materi yang akan disampaikan besok kemudian mempelajarinya sebelum
datang pertemuan selanjutnya.
|
Mengingatkan
agar tidak lupa sholat serta berdzikir kepada Allah, kapanpun dan dimanapun.
|
Mendengarkan
serta berusaha untuk selalu mendirikan sholat serta berdikir kepada Allah,
kapanpun dan dimanapun.
|
Menyampaikan
kata – kata mutiara penggugah jiwa.
|
Mendengarkan
dan merenungkan kata – kata mutiara yang disampaikan.
|
Mengucapkan
salam dengan semangat.
|
Manjawab
salam dengan semangat.
|
E. Media Pembelajaran
Media
pembelajaran sangat mempengaruhi kemudahan siswa dalam menerima materi. Untuk
itu kami menggunakan berbagai media berikut :
· LCD
Proyektor
· Power
Point
· Video
– video tentang proses pencernaan
· Patung
tubuh manusia
F. Sumber Pembelajaran
Pembelajaran
ini menggunakan beberapa literatur, yaitu :
1. Buku
Biologi karya Campbell sebagai rujukan.
2. Buku
paket “Mandiri Biologi” untuk kelas VIII karya Yukaliana, dkk. sebagai pegangan
guru dan siswa.
3. Buku
paket BSE “Belajar IPA” karya Syaiful Karim, dkk. sebagai tambahan belajar siswa.
4. Buku
LKS sebagai tambahan belajar dan lembar latihan bagi siswa untuk latihan
mengerjakan soal – soal.
5. Media
Elektronik (Internet, Televisi, Rodio, dan sebagainya) serta media cetak
(Koran, majalah, dan lainnya)
6. Buku
– buku lain di perpustakaan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Menjelaskan proses yang terjadi dalam
organ – organ pencernaan
|
Tertulis
dn Lisan (kuis)
|
Soal
Uraian dan soal isian singkat (kuis)
|
·
Jelaskan proses pencernaan yang melibatkan
peranan enzim !
·
Jelaskan proses pencernaan dalam
organ yang terjadi secara mekanik dan kimia !
·
Enzim renin dihasilkan oleh .....
·
Gerakan otot pada dinding
esofagus untuk mendorong makanan ke lambung disebut ......
|
Secara
keseluruhan, nilai yang akan dimasukkan dalam Laporan Hasil Belajar Siswa dalam
satu semester (Raport) adalah akumulasi penilaian dari nilai – nilai sebagai
berikut :
1. Ulangan
Harian : 25 %
2. Tugas : 10 %
3. Ujian
Tengah Semester : 15 %
4. Ujian
Akhir Semester : 30 %
5. Keaktifan
dan Kuis : 10 %
6. Sikap dan Kepribadian : 10 % +
Jumlah 100 %
Mengetahui
|
Yogyakarta, 31 Oktober 2015
|
Kepala MTsN Sumberlawang
|
Guru Mata Pelajaran Biologi
|
Drs. H. Suparman, MM
NIP. 195911031982031003
|
Elvara Norma
Aroyandini, S.Pd
NIP. 199806232019031001
|
Komentar
Posting Komentar