RPP Ibu Elvara Norma A, S.Pd Hahaha


RPP ini mengantarkanku jadi juara favorit di IMM Microteaching niihh.. Silakan yang mau copas :D

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                      : MTs N Sumberlawang
Mata Pelajaran           : Biologi
Kelas/Semester          : VIII /  I
Alokasi Waktu          : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
Standar Kompetensi 1
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.4
Mendiskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
A.    Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran pada Kompetensi Dasar 1.4 ini yaitu sebagai berikut :
1.      Siswa dapat menjelaskan berbagai zat yang terkandung dalam makanan beserta fungsinya bagi tubuh manusia.
2.      Siswa dapat menjelaskan organ – organ pencernaan beserta proses yang terjadi dalam organ tersebut.
3.      Siswa dapat menyebutkan serta menjelaskan kelaian – kelainan (penyakit) yang menyerang sistem percernaan.
Namun dalam pembelajaran ini, hanya akan disampaikan Tujuan Pembelajaran yang ke-2, yaitu Siswa dapat menjelaskan organ – organ pencernaan beserta proses yang terjadi dalam organ tersebut.
Serta karakter siswa yang diharapkan dalam  pembelajaran ini diantaranya ialah sebagai berikut :
a.       Aktif                                        (Active)
b.      Disiplin                                    (Descipline)
c.       Bertanggung Jawab                 (Responsibility)
d.      Teliti                                        (Cearfulness)
e.       Rasa hormat dan perhatian      (Respect)
f.       Tekun                                      (Diligence)

B.     Materi Pembelajaran
Pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu tentang sistem pencernaan, khususnya tentang urutan proses pencernaan. Secara garis besar, proses tersebut terjadi dalam organ – organ pencernaan yaitu sebagai berikut :

C.    Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran tentang proses pencernaan ini yaitu sebagai berikut :
·         Metode Ceramah
·         Metode Tanya Jawab
·         Metode Demonstrasi

D.    Langkah – langkah pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
Aktivitas
Guru
Siswa
Memberi salam dan menggebrak kelas dengan jargon penyemangat.
Menjawab salam dan mengucapakan jargon dengan semangat.
Membahas topik yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat yang berkaitan dengan masalah pencernaan.
Mendengarkan cerita guru dengan seksama serta memberikan tanggapan berupa pertanyaan, sanggahan maupun persetujuan.
Memberikan motivasi untuk selalu semangat dalam belajar.
Mendengarkan dan menghayati kata – kata penyemangat yang diberikan guru, kemudian menata hati agar lebih bersemangat.




2.      Kegiatan Inti
Aktivitas
Guru
Siswa
Menyempaikan materi yang berkaitan dengan “Urutan proses pencernaan dalam tubuh manusia” yang ditampilkan dengan LCD Proyektor. Materi yang ditampilkan berbentuk power point dan video – video.
Memperhatikan dan mencermati penjelasan dari guru sambil mencatat hal – hal penting yang sekiranya perlu untuk dicatat. Tak lupa juga untuk mencatat hal – hal yang belum dipahami untuk kemudian ditanyakan.
Memanggil salah satu siswa untuk menjelaskan kembali proses pencernaan dengan media patung tubuh manusia sebagai alat.
Salah satu siswa ke depan kelas untuk mengulangi penjelasan tentang sistem pencernaan dengan mengunakan media patung tubuh manusia.
Memberikan pertanyaan/kuis berupa pertanyaan isian singkat secara mendadak pada saat pembelajaran berlangsung. Siswa yang bisa menjawab mendapat tambahan nilai.
Siswa yang dapat menjawab pertanyaan mengangkat tangannya kemudian menjawab pertanyaan.
Menawarkan kepada siswa untuk menanyakan hal – hal yang belum dipahami.
Menanyakan hal – hal yang belum dipahami.
Menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan dengan singkat, jelas dan mudah dipahami.
Mendengarkan serta memahami kesimpulan dari guru.

3.      Kegiatan Akhir
Aktivitas
Guru
Siswa
Memberikan tugas untuk mempelajari kembali apa yang telah disampaikan.
Mendengarkan perintah dari guru dan berusaha untuk melaksanakannya.
(Bila perlu tugas dicatat dalam buku agar tidak lupa)
Membacakan materi yang akan disampaikan pada pertemuan berikutnya serta memberi tugas kepada siswa untuk mempelajarinya terlebih dahulu.
Mencatat materi – materi yang akan disampaikan besok kemudian mempelajarinya sebelum datang pertemuan selanjutnya.
Mengingatkan agar tidak lupa sholat serta berdzikir kepada Allah, kapanpun dan dimanapun.
Mendengarkan serta berusaha untuk selalu mendirikan sholat serta berdikir kepada Allah, kapanpun dan dimanapun.
Menyampaikan kata – kata mutiara penggugah jiwa.
Mendengarkan dan merenungkan kata – kata mutiara yang disampaikan.
Mengucapkan salam dengan semangat.
Manjawab salam dengan semangat.

E.     Media Pembelajaran
Media pembelajaran sangat mempengaruhi kemudahan siswa dalam menerima materi. Untuk itu kami menggunakan berbagai media berikut :
·      LCD Proyektor
·      Power Point
·      Video – video tentang proses pencernaan
·      Patung tubuh manusia

F.     Sumber Pembelajaran
Pembelajaran ini menggunakan beberapa literatur, yaitu :
1.      Buku Biologi karya Campbell sebagai rujukan.
2.      Buku paket “Mandiri Biologi” untuk kelas VIII karya Yukaliana, dkk. sebagai pegangan guru dan siswa.
3.      Buku paket BSE “Belajar IPA” karya Syaiful Karim, dkk. sebagai tambahan belajar siswa.
4.      Buku LKS sebagai tambahan belajar dan lembar latihan bagi siswa untuk latihan mengerjakan soal – soal.
5.      Media Elektronik (Internet, Televisi, Rodio, dan sebagainya) serta media cetak (Koran, majalah, dan lainnya)
6.      Buku – buku lain di perpustakaan.


G.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Menjelaskan proses yang terjadi dalam organ – organ pencernaan

Tertulis dn Lisan (kuis)
Soal Uraian dan soal isian singkat (kuis)
·         Jelaskan proses pencernaan yang melibatkan peranan enzim !
·         Jelaskan proses pencernaan dalam organ yang terjadi secara mekanik dan kimia !
·         Enzim renin dihasilkan oleh .....
·         Gerakan otot pada dinding esofagus untuk mendorong makanan ke lambung disebut ......

Secara keseluruhan, nilai yang akan dimasukkan dalam Laporan Hasil Belajar Siswa dalam satu semester (Raport) adalah akumulasi penilaian dari nilai – nilai sebagai berikut :
1.      Ulangan Harian                       : 25 %
2.      Tugas                                       : 10 %
3.      Ujian Tengah Semester           : 15 %
4.      Ujian Akhir Semester              : 30 %
5.      Keaktifan dan Kuis                 : 10 %
6.      Sikap dan Kepribadian           : 10 %  +
Jumlah                                     100 %

Mengetahui
Yogyakarta, 31 Oktober 2015
Kepala MTsN Sumberlawang
Guru Mata Pelajaran Biologi




Drs. H. Suparman, MM
NIP. 195911031982031003




Elvara Norma Aroyandini, S.Pd
NIP. 199806232019031001

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH DISTRIBUSI BINOMIAL NEGATIF DAN GEOMERIK

www.abah.co.id : Senjata Tajam untuk Menebas Hambatan dalam Marketing Online