Angket dan Kisi-Kisi Angket Motivasi Siswa “Motivasi Siswa dalam Menjaga Lingkungan”
Kisi-Kisi Angket “Motivasi Siswa dalam Menjaga Lingkungan”
No. |
Indikator |
Nomor
Angket |
|
Positif |
Negatif |
||
1. |
Siswa
menjaga lingkungan sekolah agar senantiasa bersih, sehat, rapi dan indah. |
1,
8, 35, 6, 14, 4, 45. |
5,
11, 20, 24, 12, 22. |
2. |
Siswa
menjaga lingkungan tempat tinggalnya agar tidak terkena banyak pencemaran
lingkungan. |
16,
13, 18, 7, 21, 50. |
29,
38, 25, 42. |
3. |
Siswa
melakukan suatu usaha untuk mengurangi pencemaran lingkungan. |
32,
26, 10, 28, 34, 46, 47. |
3,
33, 36, 41, 44. |
4. |
Siswa
mengingatkan/memberikan sanksi kecil kepada teman – temannya yang melakukan
pencemaran lingkungan. |
9,
19, 31. |
15,
23, 48. |
5. |
Siswa
memberikan apresiasi kepada temannya yang melakukan usaha pengurangan
pencemaran lingkungan. |
2,
30, 39, 43. |
17,
27, 37, 40, 49. |
Lembar Angket “Motivasi Siswa dalam
Menjaga Lingkungan”
Nama :
Kelas/No :
Petunjuk :
Alamat :
Tanggal Pengisian :
1.
Mulailah
mengerjakan dengan membaca Basmallah, dan akhiri dengan membaca hamdalah.
2.
Isilah identitas
diri Anda.
3.
Isilah dengan
jujur dan sesuai dengan kegiatan Anda sehari – hari, karena dalam pengisian
angket ini tidak ada jawaban benar ataupun salah. Nilai dari angket ini juga
tidak mempengaruhi nilai pelajaran IPA Anda.
4.
Berilah tanda
centang (V) pada kolom yang sesuai dengan keadaan diri Anda, sesuai dengan
pedoman berikut :
SL : Jika kegiatan tersebut selalu Anda
kerjakan.
SR : Jika kegiatan tersebut sering Anda
kerjakan, tetapi pernah tidak mengerjakan.
J : Jika kegiatan tersebut jarang Anda
kerjakan.
TP : Jika kegiatan tersebut tidak pernah
Anda kerjakan sama sekali.
No |
Pernayataan |
Jawaban |
|||
SL |
SR |
J |
TP |
||
1. |
Saya
membuang sampah ke tempat sampah yang disediakan oleh sekolah. |
|
|
|
|
2. |
Saya
dengan bangga memberitahukan hasil karya teman saya yang terbuat dari barang
bekas kepada orang lain. |
|
|
|
|
3. |
Asap
motor dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, tetapi saya tetap naik motor. |
|
|
|
|
4. |
Saya
mengikuti kegiatan jum’at bersih (membersihkan lingkungan sekolah bersama)
dengan senang hati. |
|
|
|
|
5. |
Jika
sedang tergesa – gesa, saya membuang sampah tidak pada tempat sampah. |
|
|
|
|
6. |
Saya
melaksanakan tugas piket sesuai jadwal piket. |
|
|
|
|
7. |
Saya
membantu ibu membersihkan lingkungan rumah. |
|
|
|
|
8. |
Jika
rumah saya dekat, maka saya akan pergi ke sekolah dengan bersepeda atau jalan
kaki. |
|
|
|
|
9. |
Saya
memarahi teman yang membuang sampah sembarangan. |
|
|
|
|
10. |
Saya
tidak berbicara dengan keras (membentak) secara langsung di dekat telinga
teman meskipun saya sedang marah. |
|
|
|
|
11. |
Saya
membuang sampah di laci karena lebih praktis dan tidak dimarahi oleh guru. |
|
|
|
|
12. |
Saya
memilih membaca buku di perpustakaan daripada mengikuti kegiatan jum’at
bersih (membersihkan lingkungan sekolah bersama). |
|
|
|
|
13. |
Saya
menggunakan kembali botol bekas air mineral sebagai wadah air minum. |
|
|
|
|
14. |
Saya
menjaga kebersihan lingkungan kelas dan sekolah. |
|
|
|
|
15. |
Saat
teman membuang sampah di sembarang tempat, saya membiarkannya. |
|
|
|
|
16. |
Saya
tidak membuang sampah ke sungai/kali. |
|
|
|
|
17. |
Saya
tidak suka dengan hasil karya teman yang terbuat dari barang bekas. |
|
|
|
|
18. |
Saya
tidak membakar sampah. |
|
|
|
|
19. |
Saya
memarahi teman yang berbicara terlalu keras secara langsung di dekat telinga
saya. |
|
|
|
|
20. |
Untuk
mengatasi kebosanan, saya makan permen karet dan membuang sisa permen di
tempat duduk teman. |
|
|
|
|
21. |
Lingkungan
rumah saya ditanami dengan banyak pepohonan dan bunga untuk mengurangi
pencemaran udara. |
|
|
|
|
22. |
Saya
selalu berangkat telat saat jadwal piket, sehingga saya tidak perlu
membersihkan kelas. |
|
|
|
|
23. |
Saya
membiarkan teman yang tidak piket dan ikut – ikutan untuk tidak melaksanakan
piket bersamanya. |
|
|
|
|
24. |
Jika
rumah saya dekat dengan sekolah, saya tetap mengendarai motor saat ke
sekolah. |
|
|
|
|
25. |
Saya
menebang pohon (yang belum terlalu tua) di sekitar rumah karena mengganggu. |
|
|
|
|
26. |
Saya
menghias kelas dengan barang bekas, untuk mengurangi pencemaran tanah |
|
|
|
|
27. |
Saya
mengucapkan “Karyamu jelek!” kepada
teman yang membuat tugas karya seni dengan memanfaatkan barang bekas. |
|
|
|
|
28. |
Jika
rumah saya dekat dengan kali, maka saya tetap tidak akan mebuang limbah
detergen ke kali. |
|
|
|
|
29. |
Sampah
di rumah menunpuk, sehingga saya membakar sampah tersebut. |
|
|
|
|
30. |
Saya
mengucapkan “Bagus sekali karyanya.
Kamu Hebat!” kepada teman yang bisa membuat karya dari barang bekas. |
|
|
|
|
31. |
Saya
memarahi/mendenda teman yang tidak piket dan mengajak/menyuruhnya untuk
segera membersihkan kelas. |
|
|
|
|
32. |
Saya
ke sekolah naik sepeda/bis setelah mengetahui bahwa motor menimbulkan banyak
polusi. |
|
|
|
|
33. |
Sampah
plastik sulit dimusnahkan, tetapi saya tetap membuangnya secara sembarangan. |
|
|
|
|
34. |
Saya
mengambil sampah yang bersebaran di area sekolah, meskipun sudah ada tukang
kebun yang membersihkan. |
|
|
|
|
35. |
Saya
lebih memilih naik bis/angkutan umum daripada sepeda motor. |
|
|
|
|
36. |
Saya
malas saat disuruh/diberi tugas membuat hiasan kelas dari gelas plastik bekas
air mineral. |
|
|
|
|
37. |
Saya
mengejek teman yang berangkat ke sekolah dengan bersepeda. |
|
|
|
|
38. |
Saya
membiarkan bekas botol minuman hanyut bersama air hujan. |
|
|
|
|
39. |
Saya
memuji teman yang membersihkan kelas dengan sangat bersih. |
|
|
|
|
40. |
Saya
mengucapkan “Dasar orang miskin!”
kepada teman yang menggunakan botol bekas air mineral sebagai tempat minum. |
|
|
|
|
41. |
Saya
tidak mau sekolah jika tidak dibelikan motor. |
|
|
|
|
42. |
Kali/sungai
adalah tempat pembuangan yang paling saya sukai. |
|
|
|
|
43. |
Saya
memuji teman yang bisa membuat bross dari kain perca/kain bekas. |
|
|
|
|
44. |
Saya
menggunakan headset/earphone dan
memutar MP3 dengan suara maksimal. |
|
|
|
|
45. |
Saya
membuang sampah anorganik pada tempat sampah anorganik. |
|
|
|
|
46. |
Saya
memiliki sepeda motor, tetapi saya berangkat sekolah dengan bersepeda. |
|
|
|
|
47. |
Jika
orang tua saya memiliki sawah, maka saya akan membantu orang tua untuk
bercocok tanam. |
|
|
|
|
48. |
Saya
membiarkan teman membuang sampah di sungai. |
|
|
|
|
49. |
Saya
mencela teman yang menggunakan bross dari kain bekas. |
|
|
|
|
50. |
Saya
sangat senang ketika diajak masyarakat/remaja desa untuk membersihkan
lingkungan desa. |
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar